Menjadi Tenaga Pemasaran (Sales) yang Sukses

Ceritanya saya sedang mencoba menjadi Hermawan Kertajaya dalam “Focus on Marketing”. Tapi sebenarnya saya sendiri masih bingung apa bedanya istilah marketing dan sales. Jabatan saya technical sales tapi sering disebut juga product marketing. Saya pun belum sukses tapi bolehlah saya sekedar menyadur sebuah teks mengenai sales/marketing agar kita bisa saling belajar sebagai berikut:

Keahlian apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi tenaga pemasaran sukses? Berdasarkan pengalaman, teknik dan metode penjualan sebenarnya dapat diajarkan kepada siapa saja yang berminat untuk belajar. Namun demikian, memang ada beberapa bakat alami yang mendukung untuk menjadikan kita tenaga pemasaran sukses. Dengan bakat ini, sukses dapat diraih dalam waktu yang lebih singkat. Sementara di sisi lain, jika tidak ada semangat dan pengabdian yang penuh untuk belajar atau membangun keahlian, maka proses menjual akan menjadi jauh lebih melelahkan bahkan untuk mereka yang berbakat sekali pun.

1. Komunikasi yang Efektif

Komunikasi meliputi wilayah yang luas. Kita tidak bicara tentang kepiawaian berpidato layaknya Bung Karno, tapi lebih ke arah berbicara secara jelas dan mudah dipahami. Penjualan pada hakikatnya adalah berbicara kepada orang dan membuat mereka mengerti apa yang kita bicarakan.

2. Kemampuan Mendegar

Bersamaan dengan kemampuan berbicara, tentu saja tenaga penjual yang baik tahu kapan dia harus berhenti berbicara untuk mendengarkan. Jangan pernah memotong pembicaraan orang lain, karena dengan melakukannya mungkin kita gagal mendapatkan kunci untuk melihat kepentingan apa yang ada di balik benak lawan bicara kita.

3. Memiliki Pertanyaan Hebat

Para pemasar biasanya selalu curiga terhadap apa yang sebenarnya dibutuhkan atau diinginkan oleh pembeli, maka mereka perlu memiliki pertanyaan hebat yang akan membawa mereka pada jawaban yang hebat pula. Secara alami mereka selalu bertanya karena mereka punya semangat untuk turut menyelesaikan persoalan.

4. Pemecah Masalah

Kemampuan alami lain yang patut dimiliki adalah keinginan dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Tenaga pemasaran yang hebat selalu berusaha memecahkan masalah. Kemampuan untuk mengerti masalah dari pembeli dan kemudian memberikan saran efektif yang berkaitan dengan produk barang dan jasa kita biasanya akan menghasilkan penjualan yang sukses.

5. Keteraturan

Dalam hal ini kita tidak membicarakan keteraturan anda sebagai pribadi namun lebih kepada pemikiran anda dan cara anda merencakan sesuatu. Tenaga pemasaran memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah menjadi hal-hal yang lebih kecil dan kemudian mengaturnya menjadi rencana kegiatan. Mereka tahu bagaimana menganalisis tujuan mereka dan bagaimana urutan pemecahannya guna mencapai tujuan yang diinginkan.

6. Memulai dan Menyelesaiakan secara Mandiri

Tenaga penjual yang sukses bergerak maju tanpa diperintah. Mereka tidak membutuhkan orang lain menyuruh bekerja karena mereka tahu jika tidak segera bergerak mereka tidak akan menghasilkan sesuatu. Mereka juga sangat tertib untuk menyelesaiakan apa yang sudah mereka mulai. Mereka selalu berusaha mencapai tujuan yang mereka tetapkan meskipun itu hanya tujuan kecil.

7. Citra Diri Posistif

Meyakini bahwa kita dapat melakukan apa saja adalah hal yang umum dimiliki oleh seorang tenaga penjual. Mereka tidak gentar terhadap pertemuan atau takut berbicara kepada orang lain atau mencoba hal-hal baru. Mereka tidak akan membiarkan hal-hal negatif melekat pada diri mereka sehingga memengaruhi pencapaian tujuan mereka. Mereka sudah memiliki citra diri yang positif yakin akan kemampuan sendiri

8. Berperilaku Baik dan Sopan

Tenaga penjual yang baik sangat bersopan-santun. Mungkin anda tidak menyadari hal ini, namun sopan-santun adalah cara untuk menghormati orang lain. Orang lain menghargai kita jika kita menaruh hormat pada mereka. Sikap saling menghormati ini adalah landasan untuk membangun hubungan yang langgeng termasuk hubungan antara pembeli dan penjual.

9. Persuasif secara Alami

Keahlian lain yang sangat umum dimiliki oleh tenaga penjual yang hebat adalah kemampuan membujuk atau mengajak untuk mencapai apa yang diinginkan. Mereka memusatkan perhatian akan apa yang mereka ingin lakukan dan hampir tidak pernah mengenal kata menyerah.

10. Integritas Pribadi

Tanpa kepribadian yang baik, seorang tenaga penjual akan mengalami banyak masalah dalam pekerjaan sehingga mungkin akan memaksanya berpindah-pindah pekerjaan. Kejujuran dalam penjualan justru sangatlah penting namun hal ini bukanlah keahlian yang bisa diajarkan begitu saja. Kepribadian yang baik perlu dibangun seiring dengan pengalaman yang kita dapatkan dalam pekerjaan.

46 thoughts on “Menjadi Tenaga Pemasaran (Sales) yang Sukses

  1. Saya sebagai pendatang baru dalam sebuah perusahaan. N bergelut di bodang maketi.g.. banyak kendala yg saya temui
    Apa yg saya harus lakukan untuk meningkatkat kuantitas kinerja n penjualan.? Krna penjualan tergolong rendah??

  2. Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your web site, how can i subscribe for
    a blog web site? The account aided me a acceptable deal.
    I had been a little bit acquainted of this your broadcast
    offered bright clear idea

  3. Untuk menjadi seorang tenaga pemasaran yang sukses memang diperlukan bakat, tapi tidak berarti orang yang merasa tak berbakat dalam dunia marketing tidak bisa sukses di dunia tersebut. pepatah lama bilang, “alah bisa karena biasa”.

  4. Terimakasih atas postingan nya,, sangat membantu,,
    saya mau mencoba menjadi salesgirl handal,
    saya sangat tertarik dan saya suka tantangan besar makanya saya ingin jadi sales yang handal,,
    mohon tips lanjutnya dong kirim ke email saya

  5. banyak orang hebat dimulai dari menjadi sales hebat, sayangnya saya tidak perna bisa seperti mereka. btw artikelnya menambah pengetahuan saiap tahu bisa diajarkan pada anak-anak dan teman-teman yang membutuhkan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s